• 10/27/2022

Pentingnya Mengatur Keuangan Untuk Generasi Milenial

Terdapat banyak pendapat yang mengatakan kalau anak generasi Milenial saat ini tidak memiliki kemampuan yang baik untuk menjaga keuangan mereka. Hal ini dikarenakan gaya hidup yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi saat ini lebih memiliki gaya hidup yang boros dan sulit menabung, mereka pun tidak begitu memperdulikan kebutuhan investasi di masa yang akan datang. Tentu hal ini akan menyebabkan adanya masalah keuangan di masa depannya.

Berikut ini kami akan memberikan tips menarik bagi generasi milenial dalam mengatur keuangannya, simak yuk!

Mengatur Keuangan Generasi Milenial

1. Memiliki Tujuan dan Rencana Keuangan Jelas

Pertama yang harus diperhatikan adalah kita harus memiliki rencana keuangan dan tujuan yang jelas. Misalnya, apa yang menjadi tujuan kita dalam mengumpulkan uang? Bisa untuk menyicil rumah di masa depan, untuk biaya pernikahan, dan masih banyak lainnya. Jika sudah seperti itu, sekarang sisihkan pendapatan setiap bulan kamu untuk ditabung. Bisa diatur seperti 30 persen untuk tabungan, 20 persen untuk makan, 20 persen untuk sewa kos, dan seterusnya.

2. Memeriksa Uang di Rekening Berkala

Kamu harus secara rutin memerika jumlah uang yang terdapat di rekening, karena ini akan sangat berpengaruh dalam usaha kamu mengatur keuangan. Dengan demikian kita dapat menjadi lebih berhati-hati jika ingin menggunakan uang yang ada di rekening. Jangan pernah menggunakan uang yang ada di tabungan kecuali sedang dalam kondisi yang sangat mendesak.

3. Jangan Berhutang Jika Tidak Butuh

Dalam memenuhi gaya hidup, biasanya banyak orang yang memutuskan untuk berhutang. Ditambah saat ini ada fitur Pay later yang membuat kita menjadi semakin mudah untuk menghutang. Tentu dengan adanya fitur ini pun semakin menggoda agar dapat memanfaatkannya. Tapi ini sebenarnya sangat membuat kita menjadi boros, loh. Karena mau tidak mau kita harus menyisihkan pendapatan bulan depan untuk membayar hutang kita di bulan ini.

4. Memiliki Dana Darurat

Apakah kamu memiliki dana darurat? Ini adalah dana yang wajib untuk kamu miliki dan siap untuk dipakai kapanpun kamu membutuhkannya. Dana ini biasanya harus dimiliki setidaknya enam kali total dari pengeluaran kamu di dalam satu bulan. Dana ini dapat digunakan jika kamu tiba-tiba dipecat dari pekerjaan atau kebutuhan mendesak lainnya. Karena akan ada hal-hal mendesak yang tidak pernah kita prediksi terjadi di dalam hidup kita.

5. Menabung dan Berinvestasi

Pada pengelolaan keuangan, menabung dan melakukan investasi adalah hal yang penting. Dengan menerapkan metode ini, maka kita menjadi lebih memiliki kebiasaan untuk menabung. Rutin melakukan investasi juga menjadi salah satu alternatif dari pengelolaan keuangan. Ini juga bisa menjadi perlindungan terbaik untuk keuangan kamu kedepannya.

6. Pahami Kondisi Keuangan

Terakhir kamu harus memahami kondisi keuangan yang sedang kamu alami. Jangan sampai terbuai dengan gaji besar dan boros setiap bulan namun tidak sadar sebenarnya setiap bulan berapa yang kamu butuhkan. Untuk itu ada baiknya bagi kamu merinci setiap pengeluaran yang kamu lakukan. Dengan demikian kamu akan lebih tahu sebenarnya apa yang kamu butuhkan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjaga kondisi keuangan kamu. Sebagai generasi milenial kita harus sadar betul betapa pentingnya mengelola keuangan. Jangan sampai terbuai dengan diskon besar-besaran namun sebenarnya barang yang didiskon pun tidak terlalu kita butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *